Direktori Warung Jawa di Banjarmasin (3)

14. Soto Kwali Keraton

Satu lagi kuliner Jawa yang baru saja hadir di Banjarmasin dan sudah saya coba yaitu soto kwali. Ya, soto kwali yang merupakan kuliner khas daerah Solo (dan sekitarnya), plat AD lah pokoknya.

Soto Kwali Keraton namanya. Menempati bangunan dengan rangka besi di Jalan Adhyaksa, warung ini cukup bersih. Tidak adanya dinding menjadikan sirkulasi udara cukup sempurna, ditambah kipas angin yang ada menjadikan anginnya makin “sembribit.” Meski demikian, kadang tetap tak bisa melawan hawa panas kota Banjarmasin.

20151110_125732_resized
Porsi soto pisah (dokpri)
20151110_130031_resized
Penampakan (dokpri)
Soto Kwali
Daftar menu (IG hary_1805)

Dinamakan soto kwali karena biasanya soto ini dimasak menggunakan wadah semacam bejana yang terbuat dari tanah liat yang biasa disebut kwali atau kuali.

Oleh karena dimasak menggunakan kuali, maka citarasa soto ini menjadi khas, berbeda dengan soto yang dimasak dengan bejana alumunium.

Kuah soto mirip sama dengan soto Jogja yang cenderung bening, tidak kental. Seperti soto kwali pada umumnya, campurannya hanya taoge, daun seledri dan bawang goreng. Untuk dagingnya bisa pilih daging sapi atau ayam.

Rasa sotonya cukup pas dan familier dengan lidah jawa. Bagi penggemar soto daging sapi Kadipiro atau Pak Marto di Jogja, paling tidak bisa mengobati rasa kangen anda dengan kedua warung soto di Jogja itu.

15. Dapur Jawa

Kali ini kita sedikit bergeser ke arah Banjarbaru. Tepatnya di Landasan Ulin, lebih tepat lagi pas sebelum simpang tiga Jalan Golf. Menurut informasi, warung ini sudah cukup lama eksis di situ. Dari penampakannya, sepertinya pemiliknya Aremania.. hehehe

Warungnya persis di pinggir jalan, untuk parkir mobil muat 3 saja. Tapi nggak usah khawatir, anda bisa memarkirnya di Jalan Golf.

Menu andalah nasi campur dan pecel. Kalo kita datangnya sudah di atas jam 1 siang, maka biasanya tinggal koret-koretan saja alias lauknya sudah habis. Lauk pilihannya ayam goreng dan telur mata sapi.

Cita rasanya cocok bagi yang kangen dengan masakan Jawa, khususnya Jawa Timur. Oh ya, di atas jam 2, menunya ganti menjadi soto ayam.  Tapi jangan coba-coba memesan soto sebelum jam 2 siang, maka tidak akan dilayani, apapun alasanya hehe…

Jadi, pinter-pinter anda, jika pengin lauknya masih komplit ya datanglah lebih awal. 🙂

20151113_125644_resized_1
Sibuk Melayani (dokpri)
20151113_125746_resized_1
Rombongan Ba’da Jumat (dokpri)
20151113_125755_resized_1
Pilihan Menu (dokpri)
20151113_130007_resized_1
Pecel Telor Mata Sapi (dokpri)

 

16. Sop Ayam Klaten Pak Min 

Warung ini baru sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu. Berbekal brand yang cukup familier dengan cabang yang jumlahnya belasan seluruh Indonesia, tak sulit untuk diterima dengan senang hati oleh warga Banjarmasin dan sekitarnya.

Bahkan kemudian warungnya beranak alias buka cabang. Setelah sukses yang pertama di jl. Adhyaksa Tayu Tangi, akhirnya Pak Min membuka outletnya yang ke dua di Kalsel, yakni di Landasan Ulin seberang radar bandara.

Menunya utamanya sop ayam dengan variasi dagingnya mulai dari campur, dada, paha dingga uritan, hati hingga ceker. Pokoknya semua bagian ayam kecuali bulu bisa dimakan, hehee…

Harganya cukup terjangkau, bahkan mulai Rp. 7.000,- per porsi untuk nasi sop campur.  Pendampingnya seperti pada kebanyakan warung soto yaitu sate telur puyuh, tahu, tempe dan bergedel.

Rasa sopnya kuat dengan merica dan rempah, konon kecapnya pun khas Klaten. Cuma kalo saya yang kurang adalah minimnya sayuran hehe… Yah, mungkin memang begitu cara penyajiannya.

min2
Pendampingnya
min3
Menu Utama
Sop Paha
Sop Paha

3 thoughts on “Direktori Warung Jawa di Banjarmasin (3)”

Leave a comment